Kamis, 18 Juni 2015

Mengembangkan leadership dan rasa percaya diri melalui skill mastery


Dalam melakukan suatu pekerjaan atau berbisnis, kepercayaan diri dan leadership merupakan salah 2 hal terpenting yang dibutuhkan. Kedua sifat yang saling berhubungan tersebut dapat kita kembangkan melalui berbagai cara seperti training, membaca, dan skill mastery. Pada artikel KOTAKSUKSES yang pertama ini, KOTAKSUKSES akan membahas mengenai cara mengembangkan kepercayaan diri dan leadership melalui skill mastery. 

             Dalam pengembangan kepercayaan diri (self cofidence) dan kepemimpinan (leadership), skill mastery adalah hal yang sangat dibutuhkan. Skill mastery sendiri merupakan penguasaan skill suatu bidang secara mendalam dan spesifik dengan tujuan tertentu. Tidak hanya skill akademik seperti skill dalam melakukan pekerjaan, pengetahuan umum dan bisnis. dapat juga skill yang berhubungan dengan hobi dan passion seperti seni, olahraga, bahkan games dan lain lain. Apa manfaatnya?


1. Kepercayaan diri
 Skill mastery dapat memberi anda kepercayaan diri ketika anda sedang membicarakan skill anda kepada orang lain, anda tidak perlu minder karena merasa tidak tahu apa apa, justru anda akan merasa
lebih dominan karena wawasan anda yang melebihi orang lain. Contohnya adalah pada negosiasi bisnis, jika anda menguasai materi dan memiliki skill mastery dalam bidang negosiasi dan mempengaruhi orang lain, tentu akan memberikan anda rasa percaya diri sehingga dapat memberi hasil positif dalam negosiasi bisnis anda. Tidak ada orang yang percaya kepada orang yang bahkan tidak mempercayai dirinya sendiri bukan?



2. Dihargai dan disegani
wawasan anda yang luas akan membuat orang lain lebih menyukai anda dan menghargai anda karena pengetahuan anda. percayalah, manusia tidak menghargai manusia lain yang sering bilang "aku tidak tahu", jika anda menguasai bidang tersebut, orang lain dengan senang hati mendengar anda dan
beranggapan bahwa anda adalah orang patut dijadikan panutan. Contohnya ketika anda memiliki skill dalam bidang akademik, atau dalam bahasa umumnya anda adalah orang yang "pintar" dalam pelajaran. Semua orang membutuhkan orang pintar untuk dijadikan panutan, baik dalam pendidikan, pekerjaan, bisnis. Mereka akan banyak bertanya dan meminta pendapat anda sebagai "specialist", jika anda memberikan pendapat dan solusi atas permasalahan mereka, feedback yang akan anda terima adalah penghargaan, dan rasa hormat dari orang lain atas bantuan yang anda berikan.



3. Relasi
Relasi anda juga dapat bertambah luas seiring bertambahnya skill anda, contohnya dalam bidang seni, dalam kasus ini musik, semakin tinggi skill anda, semakin banyak orang yang tertarik dan berusaha mengenal anda dengan berbagai tujuan, mungkin ingin bekerja sama dengan anda, mungkin ingin diajarkan oleh anda, mungkin sekedar ingin mengenal "orang keren" seperti anda . Dari segi bisnis atau pekerjaan, skill mastery juga pasti akan meningkatkan
kredibilitas anda yang akan berimplikasi pada meningkatnya jabatan anda. Contohnya dalam bidang pekerjaan, anda adalah seorang akuntan, namun anda memiliki skill mastery lain dalam bidang marketing, manajemen manusia dan desain. Tentu anda akan lebih banyak mendapatkan kenaikan jabatan sehingga lebih banyak dikenal orang lain dan mengenal orang lain dengan lingkup yang lebih sukses. Kualitas relasi anda pun akan meningkat.


Bagaimana cara melakukan skill mastery? Sebenarnya agak sulit dijelaskan, karena skill mastery yang berasal dari passion anda, hanya anda yang mengetahui cara mengembangkannya karena anda mendalami passion tersebut. Namun kami memiliki beberapa tips untuk mengembangkan skill mastery anda secara efektif:

1.Belajarlah tanpa rasa malu
Tidak perlu malu dan minder jika merasa skill yang anda miliki kurang, tidak ada yang instan, lebih baik dipermalukan daripada tidak tahu apa apa. Bertanya merupakan hal yang tepat untuk dilakukan jika anda tidak mengetahui sesuatu.


2.Belajarlah dari berbagai sumber
Referensi adalah hal yang penting, anda harus yakin bahwa hal hal yang anda pelajari adalah benar.
Jangan sampai anda sudah kelewat percaya diri namun ternyata yang anda lakukan salah.



3.Belajarlah tanpa henti
Tidak perlu dijelaskan, seharusnya passion anda akan menuntun anda dalam mendalami passion tersebut. Jika anda memiliki hal lain yang dirasa lebih penting, tetaplah meluangkan waktu untuk melakukan hobi anda dan mengembangkannya.

Apakah sekarang anda merasa kurang memiliki bakat dalam bidang apapun? Janga merasa minder, skill bukanlah hal yang diperoleh sejak kecil. Skill adalah hal yang harus kita kembangkan dari 0, dan berasal dari passion yang dimiliki sejak lama. Tidak mungkin seorang manusia tidak memiliki passion, semua pasti memiliki passion, dalam bidang olah raga, seni maupun pengetahuan. Kembangkanlag passion anda, kembangkanlah bakat anda hingga mencapai level maksimal anda. Jangan sampai anda tidak menguasai skill apapun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar