Sabtu, 20 Juni 2015

5 tips dan cara meningkatkan kharisma


Menjadi seorang pemimpin atau leader membutuhkan banyak spesifikasi dan kualifikasi dalam hal sikap dan sifat, contohnya adalah leadership, entrepreneurship, dan kharisma. Banyak orang yang ingin menjadi pemimpin hanya mempelajari leadership dan entrepreneurship, namun tidak mengerti kharisma. Padahal kharisma adalah hal yang sangat penting bagi seorang leader handal, apa itu kharisma? Kharisma adalah sikap dari seseorang yang memancarkan energi positif pada sekitarnya sehingga disukai dan dikagumi orang, namun tetap intimidatif serta tetap tegas. Kharisma seringkali dikaitkan dengan seorang gentleman, ya, tidak hanya seorang leader, seorang gentleman juga harus memiliki kharisma. Contoh tokoh terkenal yang memiliki kharisma antara lain Soekarno, Steve Jobs, Vladimir Putin, dan masih banyak lagi. Sekarang setelah mengerti apa itu kharisma, bagaimana cara memiliki kharisma? Mungkin terdengar mudah, namun sebenarnya butuh waktu bertahun tahun agar kita memiliki kharisma secara penuh dan tidak terlihat dibuat buat, berikut beberapa tipsnya:


1. Eye contact
Salah satu hal yang simple dalam menumbuhkan image berkharisma, tataplah mata lawan bicara dengan tenang, jangan mengintimidasi karena akan dianggap sebagai tantangan oleh lawan bicaramu.
Eye contact harus diaplikasikan pada siapapun tanpa batasan, jika menghadapi orang yang menakutkan, lebih tua atau lebih besar, jangan takut! Eye contact justru akan menegaskan bahwa anda adalah orang yang memiliki sikap dewasa dan berani. Begitu juga pada para wanita, lelaki seringkali memalingkan wajahnya ketika berbicara dengan wanita, padahal wanita menganggap pria yang berbicara dengan eye contact adalah pria yang dapat memimpin dan bukan pria kacangan.


2. Menjaga emosi
Semua orang tahu bahwa emosi kemarahan bukanlah sikap seorang yang berkharisma, justru emosi kemarahan akan membuat image kekanak kanakan dalan diri seseorang. kami memiliki tips yang paling tepat dalam mengatasi emosi kemarahan. Jika anda merasa kesal, kendalikan diri anda, jangan
sampai kemarahan menguasai anda, marah dan kata kata kasar tidak akan membuat anda menang. Sebaliknya, tingkatkanlah level argumen anda, gunakan bahasa resmi dan dewasa serta pembahasan mendalam sehingga justru orang lain akan terintimidasi, jika lawan anda menunjukkan kemarahan, anda sebetulnya sudah menang. Namun, dalam konteks kharisma, bukan hanya kemarahan yang harus anda kendalikan, semua emosi harus anda kendalikan. Seperti emosi kegembiraan, dan kesedihan. Orang yang terlalu banyak menunjukkan emosinya terlihat kekanak kanakan, oleh karena itu, kendalikanlah emosi anda.



3.Skill mastery
Orang yang berkharisma adalah orang yang berwawasan luas, dan terkesan tahu segalanya, bukan sok
tahu tapi memang benar benar menguasai. Ketika anda berbicara dengan eye contact dan berhasil menjaga emosi, namun saat orang bertanya kepada anda dan anda seringkali bilang "tidak tahu", "tidak bisa", hal ini akan langsung menurunkan image dan kharisma anda, kuasailah beberapa skill yang berguna dan umum. Untuk jelasnya skill mastery dapat anda baca dalam 2 artikel kami sebelumnya.

BACA LENGKAP MENGENAI SKILL MASTERY



4.Pakaian 
First impression adalah segalanya, first impression bukanlah berawal dari jabat tangan, bukan dari
kata kata pertama, namun dari pakaian, dengan pakaian yang baik, kemungkinan seseorang untuk berkenalan dengan anda dan menghargai menjadi lebih besar. Seseorang yang menghargai dirinya sendiri selalu berpakaian sesuai dan rapi. Tidak mungkin anda akan pergi ke pesta dengan pakaian yang tidak rapi, kusut, dan tidak sesuai namun orang akan menganggap anda berkharisma, justru orang tidak akan memperhatikan atau bahkan mempedulikan anda. Hargailah diri anda dengan pakaian yang sepantasnya, tidak berlebihan namun tidak kekurangan.



5.Egoisme
Langkah akhir yang harus anda jalani dalam mengembangkan kepribadian yang berkharisma,
sekaligus langkah yang paling sulit. Anda harus mengendalikan ego anda, seorang "bos" menyukai menceritakan tentang dirinya, memerintah orang lain, dan menjatuhkan orang lain agar dirinya terlihat baik. Namun seorang "leader" yang memiliki kharisma akan berbagi cerita dengan anda, bekerja bersama anda, dan tidak menjatuhkan anda justru memuji anda. Terdengar mulia bukan? Menjadi intimidatif tidak didapat dengan menjatuhkan orang lain, namun dengan sikap positif anda yang membuat orang lain ingin menjadi seperti anda.

BACA JUGA:

MENGEMBANGKAN LEADERSHIP DAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI SKILL MASTERY

TIPS MEMILIH PEKERJAAN YANG COCOK DAN MENGHASILKAN

5 TIPS DAN CARA MENINGKATKAN KHARISMA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar