Jumat, 19 Juni 2015

Tips memilih pekerjaan yang cocok, sesuai dan menghasilkan



Bekerja adalah salah satu tugas utama yang harus dilakukan manusia untuk kelangsungan hidupnya, dimana rata rata manusia bekerja sejak umur 20 tahun hingga 55 tahun. Tentu kita tidak ingin kehidupan selama itu terbuang sia sia karena tidak menyukai pekerjaan tersebut atau pekerjaan yang tidak menghasilkan. Oleh karena itu dalam memilih pekerjaan dibutuhkan keseimbangan dan sinergi dalam passion, mission, skill dan profesion untuk mendapatkan pekerjaan impian anda. Berikut penjelasannya:


1.passion
Merupakan salah satu hal terpenting dalam memilih pekerjaan, tentu anda tidak mau melakukan suatu pekerjaan selama bertahun tahun namun sebenarnya anda tidak menyukai pekerjaan tersebut. Itu
sama saja dengan membuang buang waktu yang akan berujung pada penyesalan di masa tua. Pilihlah pekerjaan yang sesuai passion, sesuaikan juga dengan jurusan kuliah anda. Pekerjaan sesuai passion anda membuat anda lebih bahagia dan efektif dalam melakukan pekerjaan tersebut, sehingga skill mastery dapat anda lakukan dengan baik dan membuka jalan anda menuju sukses, menjadi pemimpin! Namun jangan lupakan faktor faktor lain seperti vocation, profesion, dan passion dimana faktor tersebut harus diseimbangkan.



2.finansial
Inilah hal utama penyebab manusia bekerja, untuk dibayar. Semakin banyak uang yang dihasilkan
oleh suatu pekerjaan semakin baik bukan? Tentu saja!!! Pasti...... Mungkin, tidak juga sih. Seperti yang kami katakan di awal artikel, jangan sampai salah memilih pekerjaan hanya karena memberi profit yang besar namun akan menyiksa batin anda. Pekerjaan yang memberi banyak uang mungkin bukanlah bidang anda, mungkin bukan pekerjaan yang anda sukai, mungkin akan merugikan orang orang tercinta anda.



3.skill
Anda mencintai pekerjaan anda? Pekerjaan anda memberi anda profit yang besar? Bagus! Tetapi
pertanyaannya, apakah anda cukup baik dalam pekerjaan tersebut? Apakah anda memiliki skill mastery yang dapat mengembangkan karir anda? Jika tidak, lupakan! Anda harus mempertimbangkan skill anda pula dalam melakukan suatu bisnis atau pekerjaan, jangan sampai anda hanya ingin menerima uang yang banyak, bidang yang anda sukai namun anda sendiri kurang berkompeten dalam melakukan pekerjaan tersebut.



4.mission
Mission adalah faktor sosial dalam memilih pekerjaan, dimana pertanggung jawaban anda dalam bekerja dipertanyakan. Apakah melalui pekerjaan anda, anda dapat melayani dunia? Atau justru pekerjaan anda akan merugikan dunia? Hal ini tidak akan mempengaruhi finansial maupun passion anda, namun dapat memberikan anda kepuasan jiwa karena melayani dan dapat pula memberikan anda rasa bersalah.

Jadi, Pilihlah pekerjaan melalui pertimbangan mendalam atas faktor faktor diatas. Jangan sampai anda tidak menyukai pekerjaan anda, pekerjaan anda tidak memberi cukup uang, skill anda tidak mencukupi, maupun pekerjaan anda merugikan dunia.


BACA JUGA:

MENGEMBANGKAN LEADERSHIP DAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI SKILL MASTERY

TIPS MEMILIH PEKERJAAN YANG COCOK DAN MENGHASILKAN

5 TIPS DAN CARA MENINGKATKAN KHARISMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar