Selasa, 23 Juni 2015

4 tips dan cara meningkatkan produktivitas


Seorang leader maupun seorang entrepreneur yang handal dan sukses adalah mereka yang paling produktif. Tidak ada waktu yang terbuang sia sia, mereka harus terus melakukan kegiatan yang berguna dan menghasilkan bagi diri sendiri maupun orang lain. Menjadi produktif bukan berarti hanya menghasilkan keuntungan finansial, produktif berarti mampu mengatur waktu sebaik mungkin sehingga memiliki hidup yang lengkap dan bahagia. liburan bersama keluarga pun hal yang produktif, dimana anda menghasilkan kebahagiaan bagi diri sendiri dan orang lain. Namun harus diseimbangkan pula oleh kegiatan yang menghasilkan, jangan terlalu banyak liburan dan jangan terlalu banyak bekerja. Sudah mengerti apa itu produktif yang sebenarnya? Berikut tips menjadi produktif.


1. Buat dan jalankan jadwal kegiatan
Jadwal kegiatan akan membantu anda untuk menjalani hari anda secara produktif, isi jadwal kegiatan anda secara seimbang antara bekerja, makan, hiburan dan istirahat. Tepati jadwal tersebut, saat anda
seharusnya bekerja, bekerjalah dengan sebaik baiknya, jangan memikirkan hobi atau hal lain yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja anda, bekerja dengan baik akan memberi anda rasa aman terhadap karir dan finansial anda. Saat anda seharusnya istirahat, istirahatlah sebaik baiknya, jangan memikirkan pekerjaan anda, istirahat yang cukup akan memberi anda energi lebih dalam bekerja nantinya. Begitu juga saat liburan bersama keluarga, hiburlah diri anda dan keluarga anda, hal ini akan memberi anda rasa bahagia yang dapat meningkatkan kualitas hidup anda. Jadwal kegiatan yang berkualitas akan membuat anda tetap sibuk, namun teroganisir.


2. Inovasi dan aksi
Inovasi adalah yang penting untuk perkembangan leadership dan entrepeneurship. orang yang produktif memiliki pemikiran yang inovatif, penuhi pikiran anda dengan inovasi baru, ketika anda
sedang bersantai, pikirkanlah hal yang inovatif untuk merubah kehidupan anda menjadi lebih baik, dapat berupa inovasi ide bisnis yang baru atau bahkan inovasi untuk merubah tempat tinggal anda menjadi lebih nyaman. Namun inovasi menbutuhkan aksi, ide hanyalah ide jika anda tidak mengeksekusi ide tersebut, aktualisasikan ide bagus anda sehingga berguna bagi anda. Lakukan aksi dengan hati, sehingga inovasi anda dapat terealisasikan dengan baik dan hasilnya melebihi ekspektasi anda. Inovasi dapat mengubah waktu santai anda menjadi produktif dan menghasilkan.

3. Belajar
Belajar akan memberi anda wawasan yang luas, wawasan yang mampu membuat anda terus
berinovasi dan terus produktif. tidak ada batasan usia atau batasan kesuksesan untuk belajar, bahkan seorang eminem yang merupakan rapper terkenal dengan kekayaan yang melimpah pun masih belajar kamus bahasa inggris setiap malam untuk menambah pengetahuan akan kata kata yang dapat ia tulis menjadi lirik lagunya. Agar lebih produktif, pelajarilah bidang pekerjaan, bidang bisnis dan bidang yang sesuai skill anda dan terapkan apa yang anda pelajari pada pekerjaan anda, sehingga hasil pekerjaan anda lebih baik dan anda pun menjadi lebih produktif.

4. Kendalikan hobi buruk anda
Hobi adalah hal yang sangat dibutuhkan manusia, karena merupakan aktualisasi dari passion kita. Kami tidak mengatakan bahwa hobi adalah hal yang buruk, hobi justru dapat menjadi kegiatan yang
produktif bagi kita. Namun perlu diingat bahwa tidak semua hobi baik untuk produktivitas anda, banyak pula hobi yang harus dikurangi karena memberikan efek negatif tanpa memberikan efek positif bagi anda sama sekali, contohnya bermain game secara berlebihan, hobi ini tidak akan memberi manfaat finansial maupun membahagiakan orang lain. Kendalikan hobi anda dan seleksi hobi anda, lakukanlah hobi yang produktif dan memiliki efek positif bagi kehidupan anda maupun bagi orang lain yang membutuhkan. Jangan sampai anda membuang waktu sia sia untuk melakukan hal yang tidak berguna, membuang waktu sama dengan membuang uang, ingat? Time is money.

Terima kasih sudah membaca tips dan cara meningkatkan produktivitas

Setelah menjalankan tips dan cara meningkatkan produktivitas diatas, diharapkan anda bisa menjadi pribadi yang lebih produktif.


BACA JUGA:

MENGEMBANGKAN LEADERSHIP DAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI SKILL MASTERY

TIPS MEMILIH PEKERJAAN YANG COCOK DAN MENGHASILKAN

5 TIPS DAN CARA MENINGKATKAN KHARISMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar