Kamis, 25 Juni 2015

5 tips dan cara memulai bisnis


Kami cukup prihatin dengan banyaknya pebisnis startup yang sudah gagal di awal perjuangannya. Banyak anggapan bahwa memulai suatu bisnis adalah hal yang mudah, padahal kenyataannya tidak begitu, bisnis tidak sama seperti sekolah dimana seburuk apapun pekerjaan kita akan dimaklumi oleh guru. Dalam bisnis, hal itu tidak berlaku, pelanggan tidak akan mau memaklumi keburukan bisnis anda, sekali mereka merasakan servis yang buruk, mereka tidak akan mau untuk kembali lagi, dan tidak akan memberi penilaian yang baik. Namun banyak juga pebisnis startup yang ingin bisnisnya dimulai dengan sempurna sehingga terlalu banyak berpikir akhirnya bisnisnya pun tak kunjung mulai. Bagaimana tips dan cara untuk memulai bisnis? Berikut penjelasannya

1. Pilihlah bisnis yang anda kuasai
Bisnis yang sedang tren memang menggiurkan, dan tidak ada salahnya mengikuti tren tersebut.
Namun pendapatan anda akan stagnan dan tidak berkembang jika anda hanya mengikuti tren. Jika anda ingin mengembangkan bisnis anda, buatlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda dengan tujuan anda dapat menguasai pasar tersebut. Jika anda menguasai bisnis tersebut dan memiliki wawasan yang luas, melalui wawasan tersebut anda dapat mencari peluang untuk terus mengembangkan bisnis anda.


2. Pelajari seluk beluk bidang bisnis anda
Merupakan hal yang penting bagi anda untuk mengetahui harga jual pasar, harga modal, lokasi penjualan, sistem penjualan, cara marketing yang optimal dan Media penjualan optimal karena setiap bisnis memiliki pendekatan yang berbeda agar sukses. Dengan penguasaan bisnis tersebut, anda dapat
mengambil semua peluang yang tersedia secara efektif sehingga anda dapat memenangkan persaingan, semakin dalam anda mengerti, maka semakin baik. Contohnya adalah bisnis yang sebelumnya telah saya lakukan yaitu bisnis penjualan peralatan outdoor, dimana media penjualan yang efektif adalah melalui komunitas online, menjual di forum forum online memang menghasilkan, namun rupanya pasar outdoor terbesar terdapat di komunitas komunitas outdoor. Saya harus mengetahui harga yang tepat agar menarik di mata komunitas, saya juga harus mengusahakan agar bisnis saya dikenal komunitas komunitas tersebut sebagai penjual peralatan outdoor terbaik. Berbeda dengan teman saya yang memiliki bisnis fashion, menjual fashion di komunitas tidak akan banyak menghasilkan dibanding penjualan fashion melalui media sosial, website, dan forum forum fashion.


3. Kejarlah kualitas
Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kualitas tampilan toko menjadi ujung tombak yang
menentukan kepuasan pelanggan. Hal ini menentukan kesuksesan bisnis anda di masa depan, anda harus terus memperbaiki kualitas produk, pelayanan dan tampilan toko anda agar pelanggan tetap puas dan melakukan repeat order. Jangan sampai hanya karena ingin cepat memulai bisnis, kualitas anda korbankan, tentu tidak ada pelanggan yang akan membeli produk berkualitas dua kali bukan? Kualitas pelayanan dan tampilan toko (real maupun website) juga tidak kalah penting, kedua kualitas tadi dapat menentukan kepuasan pelanggan juga. Intinya, apapun yang bisa anda sempurnakan kualitasnya, sempurnakanlah.


4. Kecerdasan mengolah modal
Dalam mengeluarkan modal butuh kecerdasan dan pemahaman tentang bisnis yang mendalam, anda harus menghitung kemungkinan dalam pengeluaran modal. Iming iming mengenai bisnis tanpa
modal memang menarik, namun jika dengan mengeluarkan sejumlah modal akan menambah profit anda secara signifikan, sangat menarik bukan? Pengeluaran modal membutuhkan kemampuan dalam akuntansi dan marketing, mengeluarkan modal tanpa adanya peningkatan profit justru akan merugikan bisnis anda. Kuasai pasar bisnis anda sehingga mudah mengetahui seberapa banyak modal yang harus keluarkan.


5. Mulai!
Tidak ada tips yang lebih baik dari mulai, anda harus segera memulai bisnis anda secepatnya, jangan
sampai momentum anda didahului orang lain. Namun jangan lupa, anda harus mempertimbangkan 4 tips diatas secara matang. Intinya, mulailah secara efektif. Jangan terlalu cepat memulai tanpa mempertimbangkan 4 hal diatas, namun jangan terlalu lama memulai juga.


BACA JUGA:

MENGEMBANGKAN LEADERSHIP DAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI SKILL MASTERY

TIPS MEMILIH PEKERJAAN YANG COCOK DAN MENGHASILKAN

5 TIPS DAN CARA MENINGKATKAN KHARISMA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar